MENU

Tips Menjawab Soal TPA 2013


Tips Menjawab Soal Tes TPA Bappenas:
1. Persiapkan Mental
Hal pertama menurut saya adalah kita harus mempersiapkan mental terlebih dahulu. Jangan takut mengikuti ujian ini karena jika takut, mental kita akan jatuh dan merasa di bawah tekanan sedangkan dalam menjawab soal tes tpa bappenas kita harus rileks menjawabnya alias tanpa beban.
2. Persiapkan Perlengkapan Teknis
Hal kedua adalah mempersiapkan perlengkapan teknis seperti pensil 2b, penghapus, peruncing dan persyaratan persyaratan seperti kartu tanda peserta ujian yang dibagi saat registrasi ulang.
3. Berlatih Tes TPA Online
Berlatih tes tpa secara online bisa sobat lakukan di Aplikasi Tes TPA Online yang saya buat, cukup membantu untuk menjawab soal-soal yang muncul pada ujian TPA Bappenas.
4. Berdoa
Ini adalah salah satu tips yang harus sobat lakukan, kenapa? karena dengan berdoa pikiran akan menjadi tenang sehingga dapat dengan mudah menjawab serta mendapat ridho dari Allah SWT.
5. Sedekah
Ini adalah cara yang ampuh juga untuk memudahkan langkah kita dalam menuju cita-cita. Percayalah.
Trik Menjawab Soal Tes TPA Bappenas:
1. Jawab Soal yang Mudah terlebih dahulu
Ini trik menjawab soal tes tpa bappenas yang pertama, silahkan sobat menjawab pertanyaan yang mudah terlebih dahulu. Trik ini akan sangat berguna, jadi ingat,“Jawab Soal yang Mudah terlebih dahulu”, jangan terpaku pada pertanyaan yang membuat sobat penasaran. Tinggalkan dulu pertanyaan itu jika kira-kira membutuhkan waktu yang lama untuk menjawabnya karena tiap pertanyaan alokasi waktu untuk menjawabnya maksimal 40 Detik sudah termasuk melingkari jawaban di lembar jawaban. So, pergunakan waktu sebaik mungkin.
Pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan waktu lama biasanya muncul di bagian ke 2 (aritmatika, aljabar dll) dimana untuk menjawab pertanyaan tersebut membutuhkan waktu lama bila kita tidak tahu cara cepat menjawab pertanyaan tersebut. Setelah selesai menjawab pertanyaan yang sobat anggap mudah, sobat bisa ulang kembali membaca pertanyaan yang sulit jika masih ada waktu, jika tidak maka lanjut ke trik berikutnya.
2. Headshot (Tembak Soal)
Hmhmmm…. ini adalah jalan terakhir jika kita memang sudah kehabisa waktu atau tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh OTO Bappenas, tembak jawaban dengan pilihan yang sama. Misalnya intuisi sobat mengatakan harus menjawab C, maka jawab semua pertanyaan dengan jawaban C. Tapi ingat, ada triknya juga, apa triknya? Jika sobat ingin menembak pada pertanyaan bagian sub tes 2 atau Matematika, lebih baik sobat menjawab antara pilihan A, B, C yang kemungkinan jawaban benar ada diantara 3 pilihan tersebut. Soalnya, jawaban D dan E biasanya tidak masuk karena jawabannya “Tidak ada hubungan antara x dan y” atau “x dan y = 0″. Jawaban seperti itu saya rasa jarang menjadi pilihan jawaban yang tepat, biasanya “x > y” atau “x < y” yang benar.
3. Pelajari Rumus Cepat dan Perhitungan Sederhana
Sobat bisa mempelajari rumus cepat dalam menjawab soal-soal aritmatik atau aljabar yang merupakan ilmu pasti. Ingat aturan dasar dalam aritmatik dan hapalkan beberapa angka numerik seperti berikut.
1. 1/3 = 0,333 = 33,33%
2. 2/3 = 0,667 = 66,67%
3. 1/2 = 0,5 = 50%
Dan seterusnya…
4. Jawab Soal dari Belakang
Pengalaman mengerjakan tes tpa Bappenas ini, pertanyaan-pertanyaan mudah biasanya diletakkan di bagian belakang. Saya sendiri sewaktu mengerjakan soal tpa bappenas salah langkah karena saya mengerjakan sesuai dengan urutan soal. Ternyata ada teman yang mengatakan bahwa jika ingin menjawab pertanyaan, jawablah dari belakang. Setelah saya ingat dan teliti memang benar. Pada bagian sub tes yang kedua saya hanya mampu membaca 60%, sisanya nembak, padahal sekilas saya baca bahwa pertanyaannya tentang model persamaan yang lumayan mudah.
Demikian tips dan trik menjawab soal tes TPA Bappenas, semoga bermanfaat. Salam.
Source : Iqbal Parabi

ABOUT THE AUTHOR
BAGUS FRAYOGA EFFENDI : Simple and cool! That's me! I like write and do copy paste on my post. I love photography and chatting with friends. Follow me on TWITTER!!! Don't forget! ^^ Artikel / posting tentang Tips Menjawab Soal TPA 2013 ini dibagikan oleh Bagus Frayoga Effendi pada tanggal 21 March 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tips Menjawab Soal TPA 2013 dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

Share this article :
 

+ Comments Ω + 1 Comments Ω

May 25, 2015 8:40 AM

thank guys,,,

Post a Comment

Leave comment please ...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2010-2013. IsJustYoga1 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...