MENU

Lord Todd, Penerima Hadiah Nobel Kimia tahun 1957


Lord ToddSir Alexander Robertus Todd dilahirkan di Glasgow pada tanggal 2 Oktober 1907, sebagai anak tertua dari Alexander Todd, seorang wiraswastawan di kota tersebut, dan istrinya Jean Lowrie. Ia dididik di Sekolah Allan Glen dan Universitas Glasgow, di mana ia mendapat gelar B.Sc. pada tahun 1928, dan setelah pelatihan penelitian awal yang singkat dengan T.S. Patterson, ia melanjutkan ke Universitas Frankfurt-on-Maine. Di sini ia meneliti dibimbing oleh W. Borsche dan mendapatkan gelar Ph.D. (Dr.Phil.nat.) pada tahun 1931 untuk sebuah tesis tentang sifat kimia asam empedu.

Sekembalinya ke Inggris, ia bekerja dari tahun 1931-1934 tentang antosianin dan zat pewarna lainnya dengan Sir Robert Robinson, pemenang Hadiah Nobel, dan mendapatkan gelar Ph.D. di Universitas Oxford pada tahun 1933.
Todd kembali ke Skotlandia pada tahun 1934 ketika ia bekerja dengan staf Universitas Edinburgh di bawah bimbingan G. Barber. Dua tahun berikutnya, pada tahun 1936 ia pindah ke Institut Pengobatan Preventif Lister, Chelsea dan menjadi penilai naskah dalam Biokimia di Universitas London pada tahun 1937.
Pada tahun 1938, ia ditunjuk sebagai Profesor Ilmu Kimia Sir Samuel Hall dan Direktur Laboratorium Kimia di Universitas Manchester, jabatannya yang dipegang hingga tahun 1944, ketika ia menerima tawaran sebagai Profesor Kimia Organik di Universitas Cambridge dan Penerima Beasiswa Kampus Christ.
Penelitian Todd mebuatnya banyak dikenal di banyak universitas dan negara. Ia memegang gelar D.Sc. dari Universitas Glasgow dan mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Universitas Kiel (Dr.rer.nat.), Glasgow (LL.D.), Hon.D.Sc. London (1958), Madrid (1959), Exeter (1960), Leicester (1960), Aligarh (1960) dan pada tahun 1961, Wales, Yale dan Sheffeld; juga gelar Hon.LL.D. dari Melbourne pada tahun 1960. Ia adalah penerima beasiswa penelitian dari Royal Society, menjadi anggota asing Akademi Sains Nasional; Akademi Seni dan Sains Amerika, Akademi Sains Austria dan Dewan Penyelidikan Ilmiah Spanyol, dan anggota kehormatan Himpunan Kimia Perancis, Jerman, dan Spanyol dan menjadi anggota Deutsche Akad. Naturforsche Leopoldina di Halle (1959). Ia menahan Medali Meldola Royal Society Kimia dan Himpunan Maccabeans, Medali Davy dan Medali Royal dari Royal Society, Medali Cannizaro dari Himpunan Kimia Italia dan Medali Lavoisier dari Himpunan Kimia Perancis. Ia adalah Pengajar Tilder dan Pedler dari Himpunan Kimia; Pengajar Bakerian dari Himpunan Industri Kimia, juga menjadi profesor tamu di Institut Tekhnologi California (1938), Universitas Chicago (1948), Universitas Sydney (1950), Institut Tekhnologi Massachusetts (1954) dan Universitas California (1957). Ia terpilih sebagai anggota kehormatan Akademi Sains New York (1959), Penerima Beasiswa Kehormatan Institut Kimia Australia (1960), sebagai ketua Himpunan Kimia di London pada periode 1960-1962, Perusahaan Salter Master Worshipful pada periode 1961-1962.
Todd telah menunjukkan ketertarikannya dalam urusan ilmiah internasional; ia adalah ketua International of Pure and Applied Chemistry, dan Ketua Komite Nasional Ilmu Kimia Inggris. Ia telah bekerja pada banyak Komite Pemerintahan dan pada tahun 1952 terpilih sebagai Ketua Dewan Penasehat Pemerintah Inggris pada Kebijakan Ilmiah. Ia adalah Dewan Pengurus Yayasan Nuff’eld.
Judul utama penelitian Todd adalah mengenai ilmu kimia pada produk alam untuk tujuan biologis, dan studi koenzim nukleotida dan penambahan nukleotida dijelaskan pada kuliah Nobel, kimia vitamin B1, E dan B12, penyusun spesies Cannabis, zat pewarna serangga, faktor-faktor yang mempengaruhi parasitisme dan beraneka produk jamur.
Pada tahun 1954, ia mendapat gelar bangsawan pada bulan Maret 1962, dengan gelar Baron Todd Trumpington.
Lord Todd menikah dengan Alison Sarah, putri dari penerima Hadiah Nobel Sir Henry Dale, dan mereka memiliki seorang anak laki-laki bernama Alexander Henry, dan dua orang anak perempuan bernama Helen Jean dan Hilary Alison.
Lord Todd meninggal pada tanggal 10 Januari 1997.

ABOUT THE AUTHOR
BAGUS FRAYOGA EFFENDI : Simple and cool! That's me! I like write and do copy paste on my post. I love photography and chatting with friends. Follow me on TWITTER!!! Don't forget! ^^ Artikel / posting tentang Lord Todd, Penerima Hadiah Nobel Kimia tahun 1957 ini dibagikan oleh Bagus Frayoga Effendi pada tanggal 26 October 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Lord Todd, Penerima Hadiah Nobel Kimia tahun 1957 dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

Share this article :
 

Post a Comment

Leave comment please ...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2010-2013. IsJustYoga1 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...