MENU

Membuat Aplikasi Android: Internet Launcher


Idenya seperti ini, semisal kita ingin membuka sebuah alamat web, misalnya http://nuralief.web.id, dengan android device, kita akan membuka web browser, yang secara default akan membuka halaman depan search engine googlebaru dari sini kita mengetik alamat nuralief.web.id.
Aku rasa cukup merepotkan bila kita punya sebuah situs favorit atau situs ini menjadi rujukan bagi sebuah perusahaan yang harus dibagikan pada setiap karyawannya dengan bandling handphone android misalnya.
Setelah kemarin menulis tentang persiapan untuk membuat aplikasi android dan menyiapkan lingkungan android di komputer, sekarang saatnya membuat aplikasi itu.
Buka Eclipse–>File–>New–>Android Project. Pada jendela yang terbuka, isikan sebagai berikut.
New Android ProjectProject name: Nuralief.web.id Launcher
Build target: pilih sesuai target yang diinginkan, disini aku memilih android 2.1 dengan level API 7.
Aplication name: nuralief.web.id
Package name: nuralief.web.id
Create actifity dicentang dan beri nama:internet
Min SDK Version:7–>samakan dengan level Api
Selanjutnya tinggal klik finish untuk memulai proyek ini.
Setelah klik finish tersebut, kita akan mendapat sebuah proyek baru dengan nama Nuralief.web.id Launcher yang berada di sisi kiri. Expand/klik tanda segitiga untuk melihat isinya, yang kira-kira akan seperti ini.

New Android Project
Coba klik kanan proyek Nuralief.web.id Launcher dan pilih Run As–>1 Android Application. Tunggu beberapa saat, karena saat awal loading emulator android bisa menjadi sangat lama. Jika sudah ter-load dengan benar, dalam tahap ini kita hanya akan mendapat tampilan warna hitam dengan tulusan “Hello world, internet!”. Kita bisa menghapus tulisan itu dengan sedikit mengubah isi main.xml, yang berada di Nuralief.web.id Launcher–>res–>layout. Hapus bagian berikut.
android:text="@string/hello"
Simpan lalu coba jalankan lagi sebagai aplikasi android. Sekarang seharusnya pada layar kita hanya melihat tulisan nuralief.web.id sebagai nama aplikasi dan layar yang kosong tanpa tulisan apapun lagi.
Sekarang saatnya memberi kewenangan untuk mengakses internet dan langsung memanggil http://nuralief.web.id begitu kita menjalankan aplikasi ini. Buka internet.java yang berada di Nuralief.web.id Launcher–>src–>nuralief.web.id.
Expand/klik tanda + yang berada di samping�import android.app.Activity;, lalu tambahkan ijin berikut.
import android.content.Intent;
import android.net.Uri;
Setelah itu, terus lihat ke bawah, tepatnya dibawah kode �setContentView(R.layout.main);tambahkan tugas untuk membuka browser.
openBrowser ();
Setelah itu, dibawah tanda penutupan untuk aktifitas(dibawah tanda kurung kurawal yang pertama) tambahkan perintah berikut.
private void openBrowser () {
Uri uri = Uri.parse ("http://nuralief.web.id");
Intent intent = new
Intent (Intent.ACTION_VIEW, uri);
startActivity (intent);
}
Kalau bingung, berikut adalah semua isi kode dari internet.java.
package nuralief.web.id;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.content.Intent;
import android.net.Uri;
public class internet extends Activity {
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
openBrowser ();
}
private void openBrowser () {
Uri uri = Uri.parse ("http://nuralief.web.id");
Intent intent = new
Intent (Intent.ACTION_VIEW, uri);
startActivity (intent);
}
}
Setelah selesai jangan lupa untuk menyimpannya.
Sekarang saatnya mencoba lagi, dengan klik kanan nama paket dan pilih run as android application, seperti pertama tadi. Jika saat mencobanya komputer sedang terhubung dengan internet, tampilannya akan menjadi seperti berikut.
Nuralief.web.id on android emulator
Tapi jika sedang tidak terkoneksi ke internet akan ada peringatan.
no network connectionSekarang aplikasi sudah jadi, tapi aplikasi ini tidak akan berguna bila tidak terinstall di ponsel android kita, dan bahkan hanya akan memenuhi hardisk. Untuk mengambil file installernya, kita bisa kembali lihat saat pertama kali kita membuat proyek ini. Saat pertama membuat proyek nuralief.web.id launcher ini, aku meletakkan semua file di /home/alief/workspace/(nama proyek)/bin.
Kalau teman-teman juga pengen mencoba merasakan aplikasi ini, bisa di download di ziddu.

Incoming search terms:

membuat aplikasi android,Launcher android,cara membuat launcher android,membuat launcher android,android launcher,bikin aplikasi android,membuat Android launcher,web launcher android,membuat launcher di android,cara buat launcher android

ABOUT THE AUTHOR
BAGUS FRAYOGA EFFENDI : Simple and cool! That's me! I like write and do copy paste on my post. I love photography and chatting with friends. Follow me on TWITTER!!! Don't forget! ^^ Artikel / posting tentang Membuat Aplikasi Android: Internet Launcher ini dibagikan oleh Bagus Frayoga Effendi pada tanggal 10 November 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Membuat Aplikasi Android: Internet Launcher dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

Share this article :
 

+ Comments Ω + 1 Comments Ω

March 22, 2016 3:28 PM

Membuat aplikasi memang membutuhkan kejelian yang tinggi ditambah dengan ide yang matang. Terima kasih untuk informasinya mengenai membuat aplikasi Android, internet launcher.

Post a Comment

Leave comment please ...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2010-2013. IsJustYoga1 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...