MENU

Membuat Aplikasi Android [.Apk] Untuk Blog Anda, Tanpa Software Apapun!



Ada diantara anda yang belum pernah denger kata "Android"? saya rasa hampir semua orang yang menggunakan ponsel dalam aktivitas kesehariannya pernah bahkan sering mendengar nama OS besutan Google ini *biarpun yang bikin OS ini emank bukan Google sih awalnya hhe... Apa jangan-jangan anda malah salah satu penggunanya kali nih? hhe... Okeh, dipostingan kali ini saya gak akan menjelaskan ulang sejarah dibuatnya OS ini dan hal-hal teknis terkait Android OS, karena memang blog ini gak saya khususkan untuk pembahasan tentang Android dan klo pun anda mau tau lebih banyak tentang OS yang satu ini anda bisa langsung Searching sendiri, karena ada banyak banget Market, Forum, Blog serta Website yang membahas tentang Android OS. 

Lantas apa yang akan saya bahas dipostingan kali ini? monggo lanjut dibaca dulu... 

Beberapa waktu lalu, ada sebuah pertanyaan yang masuk ke E-mail saya yang isinya menanyakan cara pembuatan Aplikasi Android [.apk] yang secara khusus ingin ditunjukkan sebagai aplikasi shortcut untuk membuka Blognya, gampangnya dia cuma males ngetik Url blognya di Browser Mobile, jadi biar gampang dia pengennya sekali Install, klo mau buka blog tinggal masuk dari shortcut aplikasi itu. 

Sebetulnya saya udah jawab pertanyaan itu via E-mail bahkan ngasih Source pembuatannya klo dia bisa salah satu bahasa pemrograman, but masalahnya yang nanyain hal ini bener-bener buta sama sekali sama Bahasa Pemrogramman jadi semua jawaban beserta Source yang saya kasih pun ujung-ujungnya emank bener-bener sia-sia, ditambah lagi Blog yang pengen dibikinin Aplikasinya ternyata adalah Blog yang bernaung di Platform Blogspot. 

Saya sih gak nyalahin keinginannya sama sekali, karena tiap orang bebas mikirin ide apapun, tapi klo menurut saya kayanya untuk blog-blog yang bernaung di Blogspot agak gak butuh deh dibikinin Aplikasi segala, apalagi udah ada template Blogspot versi mobile kan yang bisa anda aktifkan, jadi tiap kali orang ke blog anda pasti redirect ke Url Mobile juga kan... yang ada malah ng'ribetin klo mau dibikinin aplikasi hhe... klo modelnya Forum kaya Kaskus sih boleh lah dibikinin Aplikasi kaya gini biar lebih gampang atau klo yang anda pake Platform Wordpress juga masih fine lah anda pake untuk menggantikan Plugin Mobile anda, tapi klo Blogspot? hem, jujur aja saya sendiri gak minat sama sekali bikin aplikasi Android untuk blog-blog saya yang nangkringnya di blogspot hehe... 

Tapi karena ini adalah pertanyaan yang ditunjukkan kepada saya, dan saya pun punya kewajiban untuk menjawab, okeh saya akan jawab pertanyaan itu melalui postingan ini. Oiya, karena postingan ini saya tunjukkan untuk anda yang bener-bener buta sama bahasa pemrogramman, jadi disini pun saya gak akan ngajak anda nyentuh-nyentuh software kaya Eclipse atau App Inventor, lagian Download SDK untuk Eclipsenya aja juga udah 1 GB sendiri haha... 

Lantas apa yang akan kita manfaatkan? disini kita akan memanfatkan bantuan pihak ketiga yang dalam hal ini adalah feed.nu. Sebenernya sih ini salah satu penyedia Blog gratisan beraliran Wordpress, cuma salah satu kelebihannya adalah mereka juga menyediakan fitur pembuatan Aplikasi Android dan Symbian untuk blog-blog yang menggunakan jasanya, So gak ada salahnya juga kan saya ngajak anda memanfaatkan bantuan mereka hhe... 

Oiya, perlu anda garis bawahi bahwa yang bisa menggunakan bantuan mereka sebenernya cuma blog-blog berplatform Wordpress karena mereka emank udah nyediain Plugin khusus yang dapat digunakan, So untuk yang pake Platform Wordpress silahkan Langsung anda Download Pluginnya melalui Link berikut: http://wordpress.org/extend/plugins/feed-nu/ dan kaya biasa anda tinggal upload filenya ke direktory /wp-content/plugins/, diaktifkan dan tinggal ngikutin instruksi selanjutnya, gampang lah pokoknya... jadi saya gak perlu ngasih tutorialnya. 

Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, gimana untuk yang bernaungnya di Blogspot? lagi-lagi saya bilangin dulu ya klo ini sebenernya gak perlu anda lakukan karena udah ada fitur Mobile template yang bisa anda aktifkan, tapi klo anda masih ngeyel dan pengen nyobain juga, tanpa skill pemrogramman pula, terpaksa kita akan ngakalin hal ini dengan bantuan Menu Eksport-import.Maksudnya? gini, karena fitur untuk membuat file .apk yang disediakan Feed.nu udah terintegrasi secara otomatis lewat pluginnya, jadi gak mungkin juga kita maksain mau masukkin Url Blog baru yang sama sekali gak make Platfrom Wordpress, So gak ada jalan lain selain anda harus meng-ekspor seluruh isi blog anda ke Domain feed.nu yang anda miliki, dan saya ingatkan bahwa proses pemindahan file ini akan memakan waktu yang lumayan lama klo Blog anda isi postingannya udah lumayan banyak, jadi saran saya klo cuma mau buat testing mendingan anda repost secara manual aja, ambil beberapa postingan yang anda anggap penting aja untuk dibaca sama orang lain hhe... :) 

Terus gimana caranya? 

1. Buka Tab baru di Browser anda dan arahkan browser anda ke domain berikut: feed.nu, klo udah harusnya anda akan menemukan tampilan yang sama dengan gambar dipaling atas. 

2. Klik Register, dan anda akan dibawa pada page berikut ini: 


Silahkan klik untuk memperbesar gambar, intinya anda hanya tinggal mengisi Username yang anda inginkan serta E-mail yang akan anda gunakan untuk proses registrasi, klo udah diisi klik Next. 

3. Selanjutnya Anda akan dibawa ke page berikut ini: 


Silahkan isikan dengan Subdomain yang anda inginkan serta Judul Blog yang juga anda inginkan, selanjutnya silahkan klik yes klo anda memperbolehkan blog itu terindex oleh Search Engine tapi klo gak boleh silahkan klik no, klo udah klik Signup. 

4. Selanjutnya anda akan dibawa ke page berikut ini: 


5. Silahkan buka E-mail anda untuk melakukan Aktivasi Login. harusnya anda dapet E-mail kaya gini:

Klik deh tuh link untuk aktivasinya, klo udah anda akan dibawa ke page berikut ini: 


Nah sampe disini saya ucapkan selamat karena Blog anda udah jadi... 

6. Silahkan Login dengan username dan password yang diberikan via E-mail, klo udah Login saya pastikan bahwa anda akan melihat Dashboard Wordpress karena Feed.nu kebetulan menggunakan Platform Wordpress untuk blog gratisannya ini :) 

7. Saya berikan pilihan, klo mau import semua isi blogspot anda ke blog ini silahkan pake menu import, tapi klo mau yang lebih cepet mendingan repost manual aja, cari postingan yang penting, dan disini sebagai contoh saya akan menggunakan Blog saya yang Serabutan.Com, karena cuma blog saya yang itu yang isinya masih dikit hhe... :) dan yang saya lakukan adalah me-repost 2 postingan dari blog itu ke Blog yang baru saya buat dengan feed.nu ini, untuk yang gak biasa pake Wordpress silahkan klik posts > Add New udah deh tinggal copas aja kesitu, klo udah publish. Sampe disini saya anggap anda udah paham sama proses pemindahan file posting. 

8. Karena yang kita butuhin cuma file .apk dan nantinya blog yang kita buat ini gak akan kita pake selain hanya untuk melakukan repost dari blog inti kita, so theme lebih baik gak usah diapa-apain biarin aja berantakan hhe... :) tapi terserah juga sih klo mau anda ganti :) 

9. karena kita udah punya postingan, sekarang saatnya kita membuat Aplikasi Androidnya: untuk itu silahkan klik Menu Feed.nu dibagian paling bawah, klo udah anda akan menemukan page kaya gini: 


10. Karena yang mau dibuat adalah File Android, silahkan klik Android, maka anda akan dihadapkan pada page berikut: 


Isi App icon dengan gambar icon yang anda inginkan (harus .png), Isi App name dengan Judul Blog anda, dan isi notification dengan kata-kata yang anda inginkan klo udah klik Next 



11. Gak usah diapa-apain langsung Next lagi 



12. Isi Home Image dengan gambar header yang anda inginkan dan silahkan Ganti deskripsinya sesuai dengan yang anda inginkan, klo udah next lagi 



13. Isi Article Image dengan gambar header yang barusan, dan isi unread dan read icon dengan icon yang diawal tadi, klik next 



14. Isi post image dengan image header yang tadi, dan silahkan next lagi 



15 Perjalanan kita tuntas, silahkan klik save 

16 Klik Menu Your Apps, dan anda akan mendapati tampilan berikut ini: 



17. Klik generate New Android apk dan silahkan tunggu hingga loading tuntas, klo gak salah 9x2 second, klo udah silahkan klik publish apk, maka file apk untuk blog anda sudah siap di download dan di Install. Downloadnya dari mana? coba perhatikan file yang bernama 1.0.1 [Live] 3 hours ago, 1.0.0 [Live] 3 hours ago dan sejenisnya, disitu ada link kan? klik aja itu link downloadnya, klo udah di download silahkan anda test di gadget android anda masing-masing... dan sebagai percobaan berikut screenshoot file apk yang saya buat: 


File-nya di Install dulu... klo udah tuntas nginstall, silahkan klik done dulu baru buka dari shortcutnya atau silahkan langsung klik open. 

18. penampakan homenya jadi kaya gini: 


19. klo di klik start masuknya kesini: 


20. klo salah satu judul postingannya kita klik masuknya kesini: 


Gimana? klo menurut saya sih udah lumayan bagus untuk kelas gratisan haha... 

Dan sebelum anda nyoba bikin dan ngikutin tutorial ini, saya sarankan anda coba Download dan Install file apk yang udah saya buat ini dulu sebagai bahan percobaan file ini nantinya Compatible gak sama gadget anda, klo file apk yang saya bikin ini bisa anda pake berarti ya compatible dan anda bisa langsung ngikutin tutorial diatas. berikut Link Downloadnya: 



Lantas apa kekurangannya? klo menurut saya sih gak ada kekurangan apapun, paling cuma 1 yaitu masalah Ads yang akan tayang secara otomatis klo di settingan kita klik no untuk disable ads, yang jadi masalah adalah klo kita mau make aplikasi ini tanpa Ads kita harus ngasih donasi dulu ke feed.nu yang kisaran harganya 33-100 $, jadi mending Adsnya di biarin aja, tapi biar gak rugi mendingan ads-nya anda ganti jadi ads punya anda bukan punya mereka, caranya? silahkan ke menu Live Settings, Isi password (liat di E-mail ke-2) dan masukkan Id Publisher anda disitu dan silahkan save. sebenernya Id publisher apapun bisa, Google Adsense bisa, Admob bisa, MobGold bisa, dll tapi karena saya masih ragu klo Akun Google Adsense kita akan aman klo dipasangin disini, jadi saya sendiri sebagai contoh lebih milih menggunakan Id Publisher AdMob saya, karena biarpun itu udah diakuisisi Mbah Google tetep aja itungannya misah hhe... :) So, yang anda lihat pada gambar diatas dan yang mungkin akan anda lihat pada aplikasi tersebut, jika anda mendownloadnya adalah Ads dari AdMob yang saya pasang dengan Id Publisher saya, bukan lagi Ads milik feed.nu. Dan sampai disini saya rasa kita udah gak dirugikan sama sekali, jadi udah gak ada kekurangan apapun menurut saya, karena space file apk-nya pun sangat-sangat kecil dan gak akan makan banyak memory :) 

Gimana? ternyata bisa kan bikin File Aplikasi Android [.apk] tanpa software dan tanpa kemampuan programming hhe... sebenernya semua balik ke anda masing-masing aja sih, mau nyoba atau cuma mau baca dan cukup tau aja hhe... :) 

Untuk yang mau nyoba monggo saya persilahkan, dan untuk yang butuh postingan ini sebagai referensi silahkan di Bookmark atau silahkan direpost ulang, tapi saya ingetin dulu tolong cantumkan sumbernya karena semua postingan di blog ini terdaftar di DMCA dan memiliki Hak cipta :) saya pribadi sih sebenernya ikhlas-ikhlas aja anda mau repost tanpa sumber kesinipun, tapi klo anda kena DMCA dan anda gak nyantumin link kesini, ya maaf saya ga bisa bantu anda keluar dari hukum DMCA :) 

Terakhir saya ucapkan selamat Mencoba... :) 


Sumber : http://dj-note.blogspot.com/2011/09/membuat-aplikasi-android-apk-untuk-blog.html

ABOUT THE AUTHOR
BAGUS FRAYOGA EFFENDI : Simple and cool! That's me! I like write and do copy paste on my post. I love photography and chatting with friends. Follow me on TWITTER!!! Don't forget! ^^ Artikel / posting tentang Membuat Aplikasi Android [.Apk] Untuk Blog Anda, Tanpa Software Apapun! ini dibagikan oleh Bagus Frayoga Effendi pada tanggal 10 November 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Membuat Aplikasi Android [.Apk] Untuk Blog Anda, Tanpa Software Apapun! dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

Share this article :
 

+ Comments Ω + 1 Comments Ω

November 26, 2016 11:55 AM

Artikel panjang, mempelajari rincian masalah untuk membantu pembaca memahami. Untuk mempelajari lebih lanjut Anda bisa pergi ke aplikasi android free

Post a Comment

Leave comment please ...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2010-2013. IsJustYoga1 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...