MENU

beberapa hal yang dapat menghilangkan ingatan



ingatan / memori yang bagus pasti diinginkan oleh sebagian banyak orang.. beberapa hal di bawah ini mungkin dapat menghilangkan memori / membuat kita jadi pelupa :

1. Merokok

Quote:
Meskipun sebagian besar orang tidak menyadari fakta ini, tapi merokok adalah salah satu pembunuh memori. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa seseorang yang merokok akan mengalami penurunan memori dan kemampuan kognitifnya dibandingkan dengan orang yang non-perokok. Selain itu efek jangka panjang merokok dari waktu ke waktu bisa menyebabkan penurunan mental.
Spoiler for 1:
2. Malnutrisi
Quote:
Otak membutuhkan bahan bakar khususnya dari glukosa. Jika seseorang kekurangan bahan bakar atau mengalami malnutrisi, maka kekuatan otak dalam menyimpan memori juga akan pendek. Kekurangan gizi juga bisa menyebabkan retrogade parah serta amnesia anterograde, termasuk lupa dengan apa yang baru saja diomongkannya.
Spoiler for 2:
3. Herpes
Quote:
Herpes merupakan salah satu kondisi atau gangguan kesehatan yang bisa menjadi pembunuh memori nyata. Bentuk herpes yang lebih serius yaitu ensefalitis herpes simpleks bisa membuat seseorang mengalami kehilangan memori parah. Kondisi ini bisa terjadi jika virus herpes menemukan jalan untuk masuk ke otak manusia melalui saraf wajah.
Spoiler for 3:
cari di google,, soalnya gambarnya ga pandang dilihat
4. minuman keras
Quote:
Jika seseorang mengalami satu malam dengan pesta minuman keras, maka ia akan mengalami kehilangan memori akut atau dikenal dengan pemblokiran. Pesta minuman keras pada orang dewasa muda dapat merugikan memorinya sehari-hari dan bahkan bisa berlanjut hingga ia dewasa.
Spoiler for 4:
5.Hipnotis
Quote:
Selama ini hipnotis diketahui dapat mengungkapkan memori seseorang yang ditekan atau dilupakan, tapi kadang proses ini diikuti dengan hilangnya beberapa memori yang dikenal sebagai amnesia pasca hipnotis. Karenanya diharapkan suatu hari nanti ada teknologi yang bisa mengambil kenangan atau memori tertentu di otak tanpa perlu melakukan hipnotis.
Spoiler for 5:
6.Stres
Quote:
Ketika sesuatu terjadi secara mengejutkan atau adanya tekanan yang besar, maka memori atau kenangan yang ada di otak tidak akan dapat diakses. Karena itu jika seseorang mengalami stres yang terus menerus nantinya bisa mempengaruhi kemampuan memorinya.
Spoiler for 6:
7. Maksiat
Quote:
menurut saya maksiat juga termasuk. karena orang yang melakukannya akan cenderung sulit untuk mengingat / menumpulkan ingatan kita. walaupun hanya sekedar melihat .temen TS juga pernah bilang, "walaupun kita cuman liat, 10000 kata akan hilang dari otak kita" (mungkin maksudnya, kita jadi sulit mengingat, karena kita nantinya pikiran kita hanya akan mengingat maksiat. CMIIW).
Spoiler for 7:
update :

8. Kadar gula darah tinggi
Quote:
Penyimpanan memori bisa terganggu akibat tingginya gula darah Anda. Awas, kondisi ini bisa menggangu bagian otak yang berhubungan dengan memori. Jika memiliki riwayat keluarga penderita penyakit kencing manis, sebaiknya kendalikan asupan gula Anda. Lakukan juga tes gula darah secara rutin.

Dan, jangan lupa menjaga pola makan sehat serta tetap aktif. Jalan kaki adalah salah satu alternatif efektif mencegah diabetes.
9. Kurang Istirahat
Quote:
Otak mengandalkan aktivitas tidur untuk menyimpan memori baru. Dalam sebuah penelitian, responden yang tidur enam jam setiap malam selama dua minggu mungkin tidak merasa kurang tidur. Namun, setelah dilakukan tes memori secara substansial, hasilnya mereka sulit mengingat memori jangka pendek.

Pertajam daya ingat Anda dengan membuat prioritas istirahat yang cukup. Jika Anda tidak bisa, coba lakukan tidur pendek selama enam menit saat tubuh terasa lelah. Cara ini bisa meningkatkan kinerja dan memicu proses memori penting dalam otak.
10. Mendengkur
Quote:
Mendengkur tak hanya mengganggu kualitas tidur, tapi juga bisa menurunkan daya ingat. Saat tidur mendengkur, saluran napas Anda akan terblokir, sehingga memotong oksigen beberapa detik pada suatu waktu dan menyebabkan sel-sel otak ‘kelaparan’.

Menurut penelitian, pria lebih sering mendengkur dibandingkan wanita. Dan, faktor risiko lainnya, kebiasaan ini bisa muncul karena kelebihan berat badan atau berusia lebih dari 40 tahun.
 

Nah, jika Anda atau pasangan punya kebiasaan mendengkur, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter. Anda mungkin perlu memakai perangkat khusus untuk mengatasi mendengkur saat tidur agar aliran oksigen bisa lancar menuju otak. Dengan begitu, daya ingat Anda bisa kembali meningkat.

11. Metabolisme menurun
Quote:
Jika hal ini terjadi, kemungkinan Anda memiliki masalah tiroid. Hormon tiroid mengontrol metabolisme tubuh. Bila produksinya terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengganggu sel-sel otak, yang dapat memperlambat masuknya informasi ke otak. Solusi: tak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengatasi masalah ini.

12. Usia lebih dari 65 tahun
Quote:
Di usia ini, manusia akan lebih sulit untuk menyerap vitamin B12 dari makanan. Kekurangan B12 serius dapat menyebabkan penyakit Alzheimer atau pikun. Karena itu, seiringnya bertambah usia, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara meningkatkan asupan B12, misalnya dengan suplemen. Selain manula, penganut vegetarian juga seringkali kekurangan vitamin B12.
13. Mengonsumsi obat alergi atau pil tidur
Quote:
Obat-obatan untuk mengatasi masalah seperti insomnia, alergi, dan gangguan perencanaan, ternyata juga juga bisa menyebabkan fungsi otak terganggu. Maka itu, sebelum mengonsumsi obat ini sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter agar daya ingat Anda tidak ikut terganggu.

14. Terlalu banyak kosumsi obat
Quote:
Jika mengonsumsi lima atau lebih obat, Anda berisiko tinggi mengalami gangguan daya ingat. Karena itu, pastikan dokter tahu semua obat yang Anda konsumsi. Jika sebuah iklan farmasi tampak menggiurkan, jangan langsung tergoda. Sebaiknya minimalkan konsumsi obat bebas atau hanya konsumsi obat sesuai dengan resep. 








sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8814938

ABOUT THE AUTHOR
BAGUS FRAYOGA EFFENDI : Simple and cool! That's me! I like write and do copy paste on my post. I love photography and chatting with friends. Follow me on TWITTER!!! Don't forget! ^^ Artikel / posting tentang beberapa hal yang dapat menghilangkan ingatan ini dibagikan oleh Bagus Frayoga Effendi pada tanggal 08 July 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang beberapa hal yang dapat menghilangkan ingatan dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

Share this article :
 

+ Comments Ω + 1 Comments Ω

Anonymous
November 06, 2012 10:00 PM

waah .... informasi yang diberikan. sangat membantu. terima kasih ^^

Post a Comment

Leave comment please ...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2010-2013. IsJustYoga1 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...